auqriwebid
auqriwebid adalah blog yang dikelola oleh Andrie Kristianto membahas hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata, kuliner, dan tempat-tempat menarik lainnya.

Tempat Nongkrong di Pulau Belitung

Rekomendasi tempat nongkrong di Pulau Belitung yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota.

auqri.web.id - Liburan di Pulau Belitung kurang lengkap kalau belum nongkrong atau sekedar bersantai ngobrol bersama teman di suatu tempat.

Setiap malam minggu tempat-tempat nongkrong ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Pulau Belitung, baik dari kalangan anak muda atau orang dewasa. 

Tempat Nongkrong di Pulau Belitung

Tempat Nongkrong di Pulau Belitung

Berikut beberapa rekomendasi tempat nongkrong yang asik dikunjungi saat berkunjung ke Pulau Belitung, diantaranya.

1. Bundaran Tugu Batu Satam

Bundaran Tugu Batu Satam merupakan ikon di Pulau Belitung, lokasinya berada di simpang lima pusat kota Tanjung Pandan. 

Tugu Batu Satam ini lokasinya cukup strategis, karena berdekatan dengan pusat perbelajaan, tempat nongkrong, serta pariwisata dan kuliner Belitung.

2. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam merupakan pantai yang lokasinya sangat dekat sekali dengan Titik Nol Kilometer Belitung atau Pusat Kota Tanjungpandan. 

Pantai ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata, tempat bermain anak-anak, menikmati sunrise atau sunset, serta banyak digelarnya berbagai macam event lokal mulai dari jalan santai, konser, bazar, dan masih banyak lagi.  

Saat air laut surut kamu bisa Ngeremis, sebuah aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Pulau Belitung untuk mencari kepiting, kerang, dan hewan lain disekitaran Pantai Tanjung Pendam. Bahkan kamu juga bisa mengunjungi pulau terdekat di pantai itu hanya dengan berjalan kaki saja.

Dihari-hari tertentu Pantai Tanjung Pendam ini juga menerapkan car free day. Jadi kendaraan bermotor atau mobil tidak bisa masuk ke tempat ini, hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki atau orang yang naik sepeda saja.

3. Gedung Nasional

Gedung Nasional merupakan cagar budaya yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung.

Dulunya halaman Gedung Nasional ini biasa digunakan untuk olahraga santai. Namun seiring berjalannya waktu serta kondisi pandemi saat ini, Pemerintah Kabupaten Belitung memperbolehkan masyarakatnya untuk berjualan sementara di halaman tersebut yang dimana sekarang menjadi tempat tongkrongan anak-anak muda. 

Jika dilihat sekarang banyak sekali lapak-lapak yang berjualan makanan atau minuman, apalagi disekitar lokasi tersebut disediakan wifi gratis, tempat charger, dan fasilitas tempat duduk untuk bersantai.

Nah demikianlah tempat nongkrong di Pulau Belitung yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Sampai jumpa di Belitung, semoga bermanfaat. 

32 تعليقًا

  1. banyak tempat seru ya kak, tinggal nambahin postingan makan enak enak jak nih. Jadi kalau ke Belitung udah kumplit jalan jalan sembari berwisata kuliner dong

    ردحذف
    الردود
    1. Okee nanti akan dibuatkan tempat makan enak di Pulau Belitung ya, jangan lupa dibaca hhe

      حذف
  2. Rame banget itu pastinya banyak banget yang jualan menu dari harga murah meriah ya, Gedung Nasional sangat pengen jadi tempat nongkrong

    ردحذف
    الردود
    1. Yuk kak mampir ke gedung nasional, banyak aneka jajanan enak untuk mengisi malam minggu kakak di Belitung..

      حذف
  3. Pantainya menarik. Sepertinya mirip dengan di kota saya (Makassar). Di sini pantainya tak jauh dari pusat kota. Gratis pula masuk ke pantai. Tapi boleh berkendara dan parkir dekat dari pantai kecuali jika hari Ahadnya ada CFD.

    ردحذف
    الردود
    1. Wahhh sama dong, disini juga seperti itu. Jadi kalau hari CFD gitu tidak ada aktivitas kendaraan bermotor atau mobil yang lalu lalang. Jadi Full jalan kaki dan pesepeda saja.

      حذف
  4. Aku ingat Pantai Tanjung Pendam ini banyak cafe-cafe gitu deh
    Kalau malam ramai banget. Dulu nginep di hotel seberang pantai soalnya

    ردحذف
    الردود
    1. Wah kak arni sudah pernah ke Belitung yaa, gimana seru dan asik banget kan. Ditunggu kedatangannya lagi yaa, tapi jangan lupa kabarin hhe. Nanti andrie ajak keliling belitung hihi

      حذف
  5. Sebagai orang dataran tinggi, lihat daerah yang banyak laut dan pantainya begini rasanya pengeeeen langsung ke sana. Jarang banget lihat laut soalnya :D

    ردحذف
    الردود
    1. Wahhh tapi liat pemandangan dari ketinggian jauh lebih indah sih, apalagi kalau tinggalnya di dataran tinggi seperti tempatnya Kak Tria

      حذف
  6. Pengen main ke Pantai Tanjung Pendam deh. Asyik pemandangannya ya, jauh dari kebisingan :D Bisa ikutan car free day juga deh. So natural ya menikmati pantai seperti ini. Semoga suatu hari nanti aku kesampaian berkunjung ke Pulau Belitung :)

    ردحذف
    الردود
    1. Hehe ayo kak jangan lupa mampir, karena disini banyak banget hal-hal yang bisa dikunjungi. Gratis masuknya dan pasir pantainya juga indah bangett,,,

      حذف
  7. Batu satam ini khas Belitung ya, keren ada tugunya. Nongkrong di sana makin asyik ya karena bisa ke pantai dan Gedung Nasional.

    Berapa lama liburan di sana kak? apa pengalaman paling berkesan saat nongkrong?

    Langsung kebayang karya-karya Pakcik Andrea Hirata kalau baca tentang Belitung. BTW pas di sana sempat nongkrong di warung kopi juga kah?

    ردحذف
    الردود
    1. Udah gak liburan lagi, karena saya sudah tinggal dan kerja disini. Tapi tetap itungannya merantau sih, karena tempat tinggal dan rumah ma

      حذف
  8. Wah aku dulu ga ke gedung nasional seharian banyak island hopping dan warkop hopping. Kopi manggar kan enak banget sempet myobai juga pastinya ya

    ردحذف
    الردود
    1. Wihhh keren, saya aja belum pernah nyicipin. Yuk kak ngopi bareng kapan-kapan hhe

      حذف
  9. Hmm...kapan ya bisa Belitung. Itu pantainya aseli bikin mupeng banget. Kebayang kalau sekeluarga main pasir dan cebur-cebur di sana.

    Huff...jadi inget waktu main ke pantai di Malang. Seru banget main sama kakak-kakak sepupunya Bio.

    ردحذف
    الردود
    1. Yuk jadwalin aja waktunya kapan, nanti tinggal janjian aja disininya. Nanti saya ajak berkeliling pulau belitung dari barat ke timurnya.. Asik banget pastinya

      حذف
  10. Baca ini jadi kangen belitung. Saya pernah nongkrong ngonten di tugu Batu Satam. Di Kopi Kong Djie juga lama ngobrol ngopi sama teman. Di Mie Atep. Sama di Dekranasda belanja aneka macam oleh-oleh. Tapi yang juar sunset di pantai sih. Mau kesana lagi ah

    ردحذف
    الردود
    1. Wih kak arif pernah ke belitung yaaa, ih sebel banget gak bilang bilang nih kalau jalan ke Belitung. Nanti kalau kesini kabarin yaaa hhe

      حذف
  11. Auto keinget Ikal dan teman-temannya di Laskar Pelangi. Apa mereka juga sudah main ke tiga spot di atas ya.
    Mudah-mudahan sudah semua.
    Juga pak Harfan serta Ibu Mus ^^
    Kalo yang Gedung Nasional, malah bikin keingat momen pas heboh bin seru di dalam angkot.
    Duh, setiap ulasan Belitung, mau gak mau keinget cerita-cerita di fiksinya Andrea Hirata

    ردحذف
    الردود
    1. Sudah dong pastinysa, tapi sayangnya saya belum pernah bertemu dengan pemeran film laskar pelangi dan penulisnya Andrea Hirata. Namun kenangan nya tentu masih tersisa disana, seperti ada museumnya sendiri..

      حذف
  12. wah saya belum pernah ke belitung. kelihatannya menarik yaa. terutama pantainya ^^ sudah lama juga tidak berlibur ke pantai, dulu kalau ke lampung, suka menyempatkan diri untuk main ke pantai. saya suka pantai yang ombaknya tidak terlalu besar, agar anak2 saya juga bisa menikmati bermain di pantai.

    ردحذف
    الردود
    1. Di belitung rata-rata memang wisatanya pantai, karena berada didaerah kepulauan. Tapi walaupun cuma pantai, tetapi pantai disini dinobatkan sebagai pantai dengan pemandangan terindah di Belitung. Bahkan beberapa lokasinya juga masuk dalam UNESCO yang dilindungi karena keunikan pantai di Belitung.

      حذف
  13. Pengen sekali berlibur ke Belitung. Ada temen jg disana. Temen KKN pas kuliah di Jogja dulu hehehe

    ردحذف
    الردود
    1. Yuk ditunggu kedatangannya di Pulau Belitung sebagai destinasi liburan dan pilihan masyarakat Indonesia

      حذف
  14. Kalau saya, keknya milih pantai.
    Asyik banget sih kalau tinggal di tempat yang dekat pantai.

    Di Surabaya juga ada pantai sih, sayangnya pantainya kagak menarik 😅

    Di sana pantainya cantik-cantik banget dong

    ردحذف
    الردود
    1. Iyaa hehe, itu baru di foto hha. Coba deh berkunjung ke Pulau Belitung secara langsung cakep banget asli

      حذف
  15. Terima kasih kongsikan infonya. Ada rezeki ke sana bolehlah jejak di tempat-tempatkan yang disyorkan. Saya terus google Pulau Belitung. Menarik tempatnya banyak batu-batu besar. Kawasan pantai laut yang sangat cantik.

    ردحذف
    الردود
    1. Yuk kak deket banget loh sama malaysia, bisa lah mampir kesini sesaat hhe

      حذف
  16. Kalau ada rezeki ingin kesana juga. Tertariknya wisata pantai karena konon disana cantik sekali

    ردحذف
    الردود
    1. Boleh kak, nnti bisa kabar sama saya. Lalu saya rekomendasikan wisata mana saja yang bagus dan tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali hhe

      حذف