Tempat Wisata di Pulau Belitung

auqri.web.id - Belitung merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan banyak sekali surga wisata mulai dari pantai, tempat nongkrong dengan pemandangan laut, kuliner yang beragam, dan tempat-tempat unik lainnya.

Pulau Belitung banyak dikenal orang lain dari luar daerah karena pulau ini pernah menjadi lokasi syuting Film Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, dan A Man Called Ahok. Ditambah lagi pantai-pantai yang ada di Pulau Belitung terbilang unik, karena dikelilingi oleh batu-batuan besar. 

Tempat Wisata di Pulau Belitung

Beberapa lokasi wisata di Pulau Belitung ini bisa jadi rekomendasi untuk liburan bersama dengan keluarga di akhir tahun atau musim-musim libur panjang.

Tempat Wisata di Pulau Belitung

Nah jadi buat yang mau liburan ke Pulau Belitung, wajib banget mengunjungi tempat-tempat ini. Selain pemandangannya yang indah, lokasinya juga bikin candu dan kangen buat liburan lagi di tahun selanjutnya.

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas Belitung

Pulau lengkuas ini banyak dikunjungin orang dari luar daerah karena surga bawah lautnya yang cantik banget, terumbu karangnya yang indah, dan laut birunya yang mempesona.

Nah dulu tower yang ada di Pulau Lengkuas ini masih bisa dinaiki, karena didalamnya ada tangga untuk bisa naik keatas. Pemandangan indah banget, karena kita bisa menikmati pemandangan sekitar pulau dari puncak tower tersebut.

Namun untuk saat ini sudah sangat dibatasi sekali, karena bangunan yang sudah tua dan terdapat beberapa komponen yang sudah tidak bisa dinaiki oleh banyak orang. Akan tetapi kamu tetap bisa menikmati keindahan pantai dan susunan batuan yang ada disekitar pulau tersebut.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Pantai Tanjung Tinggi ini merupakan lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Jika kamu berkunjung ke pantai ini akan terlihat sebuah plakat terbuat dari batu marmer bertuliskan Laskar Pelangi. 

Banyak orang datang ke Pantai Tanjung Tinggi ini biasanya saat-saat weekend, atau hari-hari libur nasional. Aktivitas yang dilakukan biasanya berenang, makan-makan, nongkrong, atau kumpul-kumpul bersama teman atau komunitas.

Saat kamu berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi, kamu akan menemukan banyak sekali batu-batuan besar. Masih menjadi misteri darimana batu-batuan yang berukuran besar itu berasal, sepertinya umur batuan tersebut sudah ratusan bahkan ribuan tahun.

3. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Belitung. Selain pulau lengkuas, pantai ini juga memiliki pesona bawah laut yang diakui dunia. Banyak turis dari mancanegara datang ke Pulau Belitung hanya untuk snorkeling di Pantai Tanjung Kelayang.

Pantai ini jarang sekali digunakan untuk berenang, kebanyakan orang datang ke lokasi ini untuk makan-makan bersama dengan keluarga, snorkeling, menginap di tempat, dan berkeliling menggunakan kapal yang disewakan disana.

Nah dari beberapa tempat wisata yang disebutkan diatas, rata-rata gratis. Jadi tidak ada biaya masuk untuk bisa berkunjung ke 3 tempat wisata diatas. Hanya saja untuk bisa ke lokasi seperti Pulau Lengkuas, kamu harus menyewa sebuah kapal atau perahu.

Untuk biaya-biaya lain hanya tarif parkir, sewa alat-alat snorkeling, pondok, dan berbagai kuliner yang disediakan disana, dan untuk selebihnya gratis. 

***

Demikianlah beberapa destinasi tempat wisata di Pulau Belitung yang wajib banget kamu kunjungi kalau berlibur ke pulau ini. Semoga bermanfaat. 

27 تعليقات

  1. Sebagai orang yg demen ke pantai, rasa-rasanya ketiga tempat wisata di Pulau Belitung ini harus dikunjungi. Semoga dikasih kesempatan, sih.. aamiin..

    ردحذف
  2. Aku dari dulu penasaran banget dengan pantai tanjung kelayang, ternyata emang sebagus itu ya kak. Next kalau ke Belitung wajib mampir kesana

    ردحذف
    الردود
    1. Yuk Mbak ke Belitung. Liburan bareng kita. Eksplor tempat-tempat seru. Abis itu jadi banyak tulisan deh :))

      حذف
  3. Kalau yang masakan seafood-nya paling enak di pantai apa, Kak? Rasanya enak banget kalau habis snorkling terus bersantap ria masakan seafood khas sana. Yummy...

    ردحذف
    الردود
    1. Nah, kok saya jadi kepikiran juga nih pengen berburu seafoodnya juga. Pasti ada dong ya? Hehe..

      حذف
  4. Indah sekali. Pantes temen kuliahku yang asli Belitung banggaaa nian sama tanah kelahirannya ini.

    ردحذف
  5. Buset, indahnya. Sangat indah sekali. Pantainya bening dan berwarna biru begitu ya.

    ردحذف
  6. Semua udah pernah aku datangi. Tapi rela banget kalau ke Belitong lagi main ke tempat yang sama. Di sekitaran Pulau Lengkuas itu ada pulau-pulau kecil lainnya. Kalau gak salah ada pulau burung dan pulau babi. Nah kalau ke Lengkuas lagi sekalian mampir ke pulau-pulau itu ah :)

    ردحذف
  7. Pulau lebong ga dimasukin mas? sy jg blm pernah kesana sih. kata ibuku pulau cantik

    ردحذف
  8. masyaAllah..cantiknya Belitung.. ah, membaca tulisan ini jadi ingat impian lama utk berkunjung ke Belitung. semoga segera terwujud.. aamiin..

    ردحذف
  9. Mau ke banget Pulau Belitung terus senorkeling dah kangen banget liat pemandangan bawah laut pantainya indah2 banget ya kak ..

    ردحذف
  10. Sejak lama mupeng banget bisa liburan ke Belitung, ditambah baca tulisan Abang aduuuhhh semoga ada kesempatan dan rejeki bisa kesana Aamiin

    ردحذف
  11. Film Laskar Pelangi menjadi salah satu faktor kuat yang membuat pulau Belitung lebih dikenal luas lagi. Gara-gara film ini juga saya pergi ke Pantai Tanjung Tinggi. Dan kalau nggak salah ada juga Museum Andrea Hirata di daerah sana.

    ردحذف
  12. Indah banget pantainya.. Biruu dan pasirnya putih. Terlihat bersih.. Pengen banget kapan-kapan berkesempatan ke sana. Menikmati panorama alam dan hidangan hasil lautnya... Hmm.. Pasti nikmat

    ردحذف
  13. Belitung ini beneran beruntung punya pantai berpasir putih dan halus plus air laut yang biru dan jernih. Dengan sunrise atau sunset yang indah pasti semakin lengkap ya

    ردحذف
  14. Salah satu daerah yang ingin saya kunjungi adalah Belitung, kak. Sejak membaca buku Laskar Pelangi, saya jadi penasaran pengen berkunjung ke sana dan menikmati keindahan alamnya, khususnya pantai-pantainya yang terkenal indah itu

    ردحذف
  15. Indonesia memang kaya akan pemandangan pantainya ya mas Auqri, secara Indonesia menempati urutan ketiga garis pantai terpanjang didunia. Termasuk di pulau Belitung ini, surga banget buat mata ngeliat yang biru-biru dan cucok dijadikan tempat healing. Pastinya ngga cukup sehari buat menjelajah seluruh tempat di pulau Belitung!

    ردحذف
  16. Duh Kak, pantainya indah banget ya, tapi namanya pantai itu emang selalu indah dan punya keunikan masing-masing ya. Lihat air dengan warna biru/hijau seperti itu buat hati adem deh rasanya. Pengen banget ke Pantai -pantai ini :)

    ردحذف
  17. Masya Allah birunya laut bikin adem ya. Alam selalu menyuguhkan keindahan yang gak bikin bosan ya.

    Btw, pulau lengkuas mengingatkanku pada setting drakor yang memgangkat tema fantasy putri duyung hehhee

    ردحذف
  18. Melihat keindahan pulau-pulau yang mengelilingi Belitung, rasanya hati gembira sekali. Laut yang biru, berpadu dengan garis langit yang indah.

    Jadi penasaran mencari tahu berapa biaya akmodasi selama di ketiga pulau tersebut, hehehe~

    ردحذف
  19. Belitung memang daerah yang kayanakan keindahan pantainya ya kak. Sejak lama nih ingin mengexplore wisatanya di Belitung

    ردحذف
  20. sejak film laskar pelangi pulau belitong memang selalu menjadi destinasi wisata banyak orang ya, mas karena memang indah banget di sana. semoga nanti saya ada rezeki buat ke sana

    ردحذف
  21. Masya Allaaah semakin sering liat jadi semakin pingin ke sana lagi. Pertama kali ke Belitung dan memiliki pengalaman bagus - mengesankan - melihat pantai yang indah.... ck ck ck

    ردحذف
  22. Pantai lautnya lho bisa warna hijau dan biru. Memang indah ya. Banyak tempat wisata di Pulau Jawa sudah rusak karena ulah para oknum. Untungnya tempat wisata di luar pulau Jawa masih indah dan bagus.

    ردحذف
  23. Dari lama tuh pengin ke sini, sempat mau diajak untuk voluntering di area dekat Belitung, tapi belum takdir ke sana sama tim volunteer. Semoga bisa ke sana

    ردحذف
  24. Saya belum pernah ke Belitung, semoga suatu saat kesampaian ya pengen banget main di pantainya yang katanya berpasir halus dan putih

    ردحذف
  25. Sejak nontong Laskar Pelangi, pengen ke Belitung, suamiku pernah ke sana dan indah banget deh pantainya dll

    ردحذف

إرسال تعليق

أحدث أقدم