auqriwebid
auqriwebid adalah blog yang dikelola oleh Andrie Kristianto membahas hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata, kuliner, dan tempat-tempat menarik lainnya.

Tempat Wisata di Pulau Belitung

Rekomendasi tempat wisata di Pulau Belitung, beberapa tempat wisata yang disebutkan biaya masuknya gratis dan diakui dunia karena keindahannya.

auqri.web.id - Belitung merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan banyak sekali surga wisata mulai dari pantai, tempat nongkrong dengan pemandangan laut, kuliner yang beragam, dan tempat-tempat unik lainnya.

Pulau Belitung banyak dikenal dari luar daerah karena pulau ini pernah menjadi lokasi syuting Film Laskar Pelangi.. Ditambah lagi pantai-pantai yang ada di Pulau Belitung terbilang unik, karena dikelilingi oleh batu-batuan besar. 

Tempat Wisata di Pulau Belitung

Beberapa lokasi wisata di Pulau Belitung ini bisa jadi rekomendasi untuk liburan bersama dengan keluarga di akhir tahun atau musim-musim libur panjang.

Tempat Wisata di Pulau Belitung

Nah jadi buat yang mau liburan ke Pulau Belitung, wajib banget mengunjungi tempat-tempat ini. Selain pemandangannya yang indah, lokasinya juga bikin candu dan kangen buat liburan lagi di tahun selanjutnya.

1. Pulau Lengkuas

Pulau lengkuas ini banyak dikunjungin orang dari luar daerah karena surga bawah lautnya yang cantik banget, terumbu karangnya yang indah, dan laut birunya yang mempesona.

Nah dulu tower yang ada di Pulau Lengkuas ini masih bisa dinaiki, karena didalamnya ada tangga untuk bisa naik keatas. Pemandangan indah banget, karena kita bisa menikmati pemandangan sekitar pulau dari puncak tower tersebut.

Namun untuk saat ini sudah sangat dibatasi sekali, karena bangunan yang sudah tua dan terdapat beberapa komponen yang sudah tidak bisa dinaiki oleh banyak orang. Akan tetapi kamu tetap bisa menikmati keindahan pantai dan susunan batuan yang ada disekitar pulau tersebut.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi ini merupakan tempat lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Jika kamu berkunjung ke pantai ini akan terlihat sebuah plakat terbuat dari batu marmer bertuliskan Laskar Pelangi. 

Banyak orang datang ke Pantai Tanjung Tinggi ini biasanya saat-saat weekend, atau hari-hari libur nasional. Aktivitas yang dilakukan biasanya berenang, makan-makan, nongkrong, atau kumpul-kumpul bersama teman atau komunitas.

Saat kamu berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi, kamu akan menemukan banyak sekali batu-batuan besar disekitaran lokasi. Masih menjadi misteri darimana batu-batuan yang berukuran besar itu berasal, sepertinya umur batuan tersebut sudah ratusan bahkan ribuan tahun.

3. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Belitung. Selain pulau lengkuas, pantai ini juga memiliki pesona bawah laut yang diakui dunia. Banyak turis dari mancanegara datang ke Pulau Belitung hanya untuk menikmati keindahan terumbu karang yang terjaga dengan baik.

Pantai ini jarang sekali digunakan untuk aktivitas berenang, kebanyakan orang datang ke lokasi ini untuk makan-makan bersama dengan keluarga, snorkeling, menginap ditempat, dan berkeliling menggunakan kapal yang disewakan disana.

Nah dari beberapa tempat wisata yang disebutkan diatas, biayanya rata-rata gratis. Jadi tidak ada biaya masuk untuk bisa berkunjung ke 3 tempat wisata diatas. Hanya saja untuk bisa ke lokasi seperti Pulau Lengkuas, kamu harus menyewa sebuah kapal atau perahu.

Untuk biaya-biaya lain hanya tarif parkir, sewa alat-alat snorkeling, pondok, dan berbagai kuliner yang disediakan disana, dan untuk selebihnya gratis. 

Demikianlah beberapa destinasi tempat wisata di Pulau Belitung yang wajib banget kamu kunjungi kalau berlibur ke pulau ini. Semoga bermanfaat. 

58 تعليقًا

  1. Sebagai orang yg demen ke pantai, rasa-rasanya ketiga tempat wisata di Pulau Belitung ini harus dikunjungi. Semoga dikasih kesempatan, sih.. aamiin..

    ردحذف
  2. Aku dari dulu penasaran banget dengan pantai tanjung kelayang, ternyata emang sebagus itu ya kak. Next kalau ke Belitung wajib mampir kesana

    ردحذف
    الردود
    1. Yuk Mbak ke Belitung. Liburan bareng kita. Eksplor tempat-tempat seru. Abis itu jadi banyak tulisan deh :))

      حذف
    2. Wahhh setuju banget nih, yuk langsung cuss ke Belitung

      حذف
  3. Kalau yang masakan seafood-nya paling enak di pantai apa, Kak? Rasanya enak banget kalau habis snorkling terus bersantap ria masakan seafood khas sana. Yummy...

    ردحذف
    الردود
    1. Nah, kok saya jadi kepikiran juga nih pengen berburu seafoodnya juga. Pasti ada dong ya? Hehe..

      حذف
    2. Wahhh kalau di Belitung mah lengkap banget seafoodnya, tinggal maui makan apa ada kok. Sini sini mampir..

      حذف
  4. Indah sekali. Pantes temen kuliahku yang asli Belitung banggaaa nian sama tanah kelahirannya ini.

    ردحذف
    الردود
    1. Wahhh boleh tau siapa tuh kak namanya, jadi penasaran hhe

      حذف
  5. Buset, indahnya. Sangat indah sekali. Pantainya bening dan berwarna biru begitu ya.

    ردحذف
    الردود
    1. Iyaa, beberapa wisata di Pulau Belitung ini memang rata-rata pantai, jadi daya tarik wisatawan daerah maupun mancanegara. Bagus banget kalau buat renang atau snorkeling karena airnya jernih

      حذف
  6. Semua udah pernah aku datangi. Tapi rela banget kalau ke Belitong lagi main ke tempat yang sama. Di sekitaran Pulau Lengkuas itu ada pulau-pulau kecil lainnya. Kalau gak salah ada pulau burung dan pulau babi. Nah kalau ke Lengkuas lagi sekalian mampir ke pulau-pulau itu ah :)

    ردحذف
    الردود
    1. Wahh kalau mas yadi mah udah sering banget ke Belitung, apalagi kalau soal wisata Pulang Belitung baik itu dikota barat atau bagian timurnya pasti sudah hafal hhe.

      Bener-bener di Pulau Lengkuas ada beberapa pulau kecil yang bisa disinggahi, dan beberapa tempat wisata yang disebutkan diatas semuanya gratis.

      حذف
  7. Pulau lebong ga dimasukin mas? sy jg blm pernah kesana sih. kata ibuku pulau cantik

    ردحذف
    الردود
    1. Pulau Leebong juga bagus, tapi kalau tidak salah untuk bisa berkunjung kesana atau masuk kedaerah Pulaunya dikenakan biaya.

      حذف
  8. masyaAllah..cantiknya Belitung.. ah, membaca tulisan ini jadi ingat impian lama utk berkunjung ke Belitung. semoga segera terwujud.. aamiin..

    ردحذف
    الردود
    1. Wahhh buruan ke Belitung kak, mumpung tiketnya lagi murah-murahnya nih hhe

      حذف
  9. Mau ke banget Pulau Belitung terus senorkeling dah kangen banget liat pemandangan bawah laut pantainya indah2 banget ya kak ..

    ردحذف
    الردود
    1. Iya pantai disini cantik-cantik, apalagi kalau snorkeling bagus banget dong

      حذف
  10. Sejak lama mupeng banget bisa liburan ke Belitung, ditambah baca tulisan Abang aduuuhhh semoga ada kesempatan dan rejeki bisa kesana Aamiin

    ردحذف
    الردود
    1. Wahhh mungkin tahun ini bisa banget ke Belitung, ditunggu loh hhe

      حذف
  11. Film Laskar Pelangi menjadi salah satu faktor kuat yang membuat pulau Belitung lebih dikenal luas lagi. Gara-gara film ini juga saya pergi ke Pantai Tanjung Tinggi. Dan kalau nggak salah ada juga Museum Andrea Hirata di daerah sana.

    ردحذف
    الردود
    1. Wahh bener banget, sejak film itu mendunia kepopuleran Pulau Belitung jadi wisata yang diperhitungkan. Bersyukurlah bisa tinggal di Belitung karena wisatanya banyak dan gratis untuk bisa dinikmati.

      حذف
  12. Indah banget pantainya.. Biruu dan pasirnya putih. Terlihat bersih.. Pengen banget kapan-kapan berkesempatan ke sana. Menikmati panorama alam dan hidangan hasil lautnya... Hmm.. Pasti nikmat

    ردحذف
    الردود
    1. Hehehe bener banget, lautnya biru dan pasirnya disini memang rata-rata putih. Yuk kak buruan ke Pulau Belitung dan nikmati beragam wisata dan kuliner yang ada di Pulau Belitung ini

      حذف
  13. Belitung ini beneran beruntung punya pantai berpasir putih dan halus plus air laut yang biru dan jernih. Dengan sunrise atau sunset yang indah pasti semakin lengkap ya

    ردحذف
    الردود
    1. Heheh bersyukur banget bisa tinggal di Pulau Belitung ini, dan hampir setiap minggu bisa menikmati pariwisata disini. Jadi yang lain pasti pada pengen kan hhe

      حذف
  14. Salah satu daerah yang ingin saya kunjungi adalah Belitung, kak. Sejak membaca buku Laskar Pelangi, saya jadi penasaran pengen berkunjung ke sana dan menikmati keindahan alamnya, khususnya pantai-pantainya yang terkenal indah itu

    ردحذف
    الردود
    1. Wahhh ditunggu kedatangannya kak, nanti saya ajak keliling Pulau Belitung seharian full hhe

      حذف
  15. Indonesia memang kaya akan pemandangan pantainya ya mas Auqri, secara Indonesia menempati urutan ketiga garis pantai terpanjang didunia. Termasuk di pulau Belitung ini, surga banget buat mata ngeliat yang biru-biru dan cucok dijadikan tempat healing. Pastinya ngga cukup sehari buat menjelajah seluruh tempat di pulau Belitung!

    ردحذف
    الردود
    1. Hehehe bener, salah satunya di Pulau Belitung ini. Jadi kapan nih mau ke Belitung ?

      حذف
  16. Duh Kak, pantainya indah banget ya, tapi namanya pantai itu emang selalu indah dan punya keunikan masing-masing ya. Lihat air dengan warna biru/hijau seperti itu buat hati adem deh rasanya. Pengen banget ke Pantai -pantai ini :)

    ردحذف
    الردود
    1. Iya nih Belitung pantainya emang cakep banget buat dinikmatin sendiri atau bersama keluarga, jadi kapan nih rencana mau ke Pulau Belitung hhe

      حذف
  17. Masya Allah birunya laut bikin adem ya. Alam selalu menyuguhkan keindahan yang gak bikin bosan ya.

    Btw, pulau lengkuas mengingatkanku pada setting drakor yang memgangkat tema fantasy putri duyung hehhee

    ردحذف
    الردود
    1. Heheh makasih kak, wahh yang mana tuh kak terkait drakornya. Belum pernah nonton nih hhe

      حذف
  18. Melihat keindahan pulau-pulau yang mengelilingi Belitung, rasanya hati gembira sekali. Laut yang biru, berpadu dengan garis langit yang indah.

    Jadi penasaran mencari tahu berapa biaya akmodasi selama di ketiga pulau tersebut, hehehe~

    ردحذف
    الردود
    1. Jadi ada rencana mau ke Pulau Belitung gak nih, ditunggu ya kedatangannya hhe

      حذف
  19. Belitung memang daerah yang kayanakan keindahan pantainya ya kak. Sejak lama nih ingin mengexplore wisatanya di Belitung

    ردحذف
    الردود
    1. Iya di Belitung memang rata-rata wisatanya pantai, karena keberadaan Pulau Belitung juga berada di tengah-tengah laut atau masuk kedalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

      حذف
  20. sejak film laskar pelangi pulau belitong memang selalu menjadi destinasi wisata banyak orang ya, mas karena memang indah banget di sana. semoga nanti saya ada rezeki buat ke sana

    ردحذف
    الردود
    1. Iyaa film itu terkenal banget, bahkan sudah mendunia dan diterjemahkan kedalam beberapa bahasa.

      حذف
  21. Masya Allaaah semakin sering liat jadi semakin pingin ke sana lagi. Pertama kali ke Belitung dan memiliki pengalaman bagus - mengesankan - melihat pantai yang indah.... ck ck ck

    ردحذف
    الردود
    1. Wahhh ditunggu ya kedatangannya kalau main ke Pulau Belitung hhe

      حذف
  22. Pantai lautnya lho bisa warna hijau dan biru. Memang indah ya. Banyak tempat wisata di Pulau Jawa sudah rusak karena ulah para oknum. Untungnya tempat wisata di luar pulau Jawa masih indah dan bagus.

    ردحذف
    الردود
    1. Emang indah banget wisata di Pulau Belitung, puji tuhan sampe sekarang masih terawat hhe

      حذف
  23. Dari lama tuh pengin ke sini, sempat mau diajak untuk voluntering di area dekat Belitung, tapi belum takdir ke sana sama tim volunteer. Semoga bisa ke sana

    ردحذف
    الردود
    1. Wahhh semoga tahun ini bisa kesampaian ya berkunjung ke Pulau Belitung

      حذف
  24. Saya belum pernah ke Belitung, semoga suatu saat kesampaian ya pengen banget main di pantainya yang katanya berpasir halus dan putih

    ردحذف
    الردود
    1. Monggo silahkan mampir kak ke Pulau Belitung, banyak wisata dan kuliner yang bisa dinikmati

      حذف
  25. Sejak nontong Laskar Pelangi, pengen ke Belitung, suamiku pernah ke sana dan indah banget deh pantainya dll

    ردحذف
    الردود
    1. Wahhh boleh Bu, ajakin satu keluarga juga yaa biar tambah rame :D

      حذف
  26. pengin banget sih suatu saat ke pantai tanjung tinggi gara gara nonton film laskar pelangi

    ردحذف
  27. Sayangnya gabisa liat langsung gambar pantainya, hufft

    ردحذف
    الردود
    1. Ayo kak, mumpung masih liburan akhir tahun bisa berkunjung ke Belitung :D

      حذف
  28. Dari ceritanya sepertinya menyenangkan ini kalo berkunjung ke sana.

    ردحذف