Tempat Wisata di Pulau Belitung

auqri.web.id - Belitung merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan banyak sekali surga wisata mulai dari pantai, tempat nongkrong dengan pemandangan laut, kuliner yang beragam, dan tempat-tempat unik lainnya.

Pulau Belitung banyak dikenal dari luar daerah karena pulau ini pernah menjadi lokasi syuting Film Laskar Pelangi.. Ditambah lagi pantai-pantai yang ada di Pulau Belitung terbilang unik, karena dikelilingi oleh batu-batuan besar. 

Tempat Wisata di Pulau Belitung

Beberapa lokasi wisata di Pulau Belitung ini bisa jadi rekomendasi untuk liburan bersama dengan keluarga di akhir tahun atau musim-musim libur panjang.

Tempat Wisata di Pulau Belitung

Nah jadi buat yang mau liburan ke Pulau Belitung, wajib banget mengunjungi tempat-tempat ini. Selain pemandangannya yang indah, lokasinya juga bikin candu dan kangen buat liburan lagi di tahun selanjutnya.

1. Pulau Lengkuas

Pulau lengkuas ini banyak dikunjungin orang dari luar daerah karena surga bawah lautnya yang cantik banget, terumbu karangnya yang indah, dan laut birunya yang mempesona.

Nah dulu tower yang ada di Pulau Lengkuas ini masih bisa dinaiki, karena didalamnya ada tangga untuk bisa naik keatas. Pemandangan indah banget, karena kita bisa menikmati pemandangan sekitar pulau dari puncak tower tersebut.

Namun untuk saat ini sudah sangat dibatasi sekali, karena bangunan yang sudah tua dan terdapat beberapa komponen yang sudah tidak bisa dinaiki oleh banyak orang. Akan tetapi kamu tetap bisa menikmati keindahan pantai dan susunan batuan yang ada disekitar pulau tersebut.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi ini merupakan tempat lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Jika kamu berkunjung ke pantai ini akan terlihat sebuah plakat terbuat dari batu marmer bertuliskan Laskar Pelangi. 

Banyak orang datang ke Pantai Tanjung Tinggi ini biasanya saat-saat weekend, atau hari-hari libur nasional. Aktivitas yang dilakukan biasanya berenang, makan-makan, nongkrong, atau kumpul-kumpul bersama teman atau komunitas.

Saat kamu berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi, kamu akan menemukan banyak sekali batu-batuan besar disekitaran lokasi. Masih menjadi misteri darimana batu-batuan yang berukuran besar itu berasal, sepertinya umur batuan tersebut sudah ratusan bahkan ribuan tahun.

3. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Belitung. Selain pulau lengkuas, pantai ini juga memiliki pesona bawah laut yang diakui dunia. Banyak turis dari mancanegara datang ke Pulau Belitung hanya untuk menikmati keindahan terumbu karang yang terjaga dengan baik.

Pantai ini jarang sekali digunakan untuk aktivitas berenang, kebanyakan orang datang ke lokasi ini untuk makan-makan bersama dengan keluarga, snorkeling, menginap ditempat, dan berkeliling menggunakan kapal yang disewakan disana.

Nah dari beberapa tempat wisata yang disebutkan diatas, biayanya rata-rata gratis. Jadi tidak ada biaya masuk untuk bisa berkunjung ke 3 tempat wisata diatas. Hanya saja untuk bisa ke lokasi seperti Pulau Lengkuas, kamu harus menyewa sebuah kapal atau perahu.

Untuk biaya-biaya lain hanya tarif parkir, sewa alat-alat snorkeling, pondok, dan berbagai kuliner yang disediakan disana, dan untuk selebihnya gratis. 

Demikianlah beberapa destinasi tempat wisata di Pulau Belitung yang wajib banget kamu kunjungi kalau berlibur ke pulau ini. Semoga bermanfaat.