Rekomendasi Wisata dan Kuliner Saat Liburan di Pulau Belitung

auqri.web.id - Belitung sudah seperti rumah sendiri, karena dari kecil saya sudah tinggal disini. Bahkan setelah dewasa menempuh pendidikan sarjana di Jogja hingga lulus, lalu pada akhirnya kembali lagi ke Pulau ini.

Banyak orang yang bertanya kepada saya: " Kalau liburan ke Pulau Belitung, kira-kira wisata dan kuliner apa saja yang harus saya kunjungi ? " 

Rekomendasi Wisata dan Kuliner di Pulau Belitung

Rekomendasi Wisata dan Kuliner Saat Liburan di Pulau Belitung

Destinasi wisata dan kuliner di Pulau Belitung itu banyak banget, tapi karena lokasi geografis berada didaerah kepulauan maka sudah pasti akan berkaitan dengan pantai dan seafood. 

Berikut beberapa destinasi rekomendasi dari saya untuk bisa kamu kunjungi apabila liburan di Pulau Belitung, yaitu:

1. Pantai Tanjung Kelayang

Saya sangat merekomendasikan kamu berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang, karena dilokasi ini kamu bisa menikmati beragam wisata dan kuliner lain yang lokasinya saling berdekatan, yaitu:

  • Pulau Pasir
  • Pulau Kepayang
  • Pulau Batu Berlayar
  • Pulau Burung
  • Eco Beach Tent ( Villa private ditepi pantai )
  • Goa Kelayang
  • Pulau Lengkuas
  • Pantai Tanjung Tinggi
  • Bukit Berahu
  • Desa Nelayan Tanjung Binga
  • dsb

Kalau kamu menggunakan jasa tour guide,maka sudah dipastikan bahwa destinasi yang saya sebutkan diatas sudah include beberapa. 

Tapi kalau kamu ingin jalan-jalan bersama teman atau pasangan, kamu juga bisa menyewa perahu yang berada disekitaran Pantai Tanjung Kelayang.

Saat kamu tiba di Pantai Tanjung Kelayang, kamu bisa langsung berkunjung ke Pulau Pasir. Di lokasi ini kamu akan melihat sebuah gundukan pasir berada ditengah laut, tapi pastikan kamu datang ke pulau ini dengan cuaca yang cerah dan tidak terlalu sore ya.

Saat hari sudah mulai siang, kamu bisa mampir ke Pulau Kepayang untuk menikmati berbagai macam kuliner seafood nya yang enak dan masih segar banget. Kamu juga bisa pesan beberapa cemilan untuk kamu bawa ke destinasi berikutnya yang terkenal banget di Pulau Belitung ini.

Yap, destinasi berikutnya ialah Pulau Lengkuas. Pulau Lengkuas merupakan sebuah destinasi wisata favorit di Pulau Belitung, karena di pulau ini terdapat sebuah mercusuar peninggalan belanda yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. 

Kalau kamu menaiki mercusuar yang ada di Pulau Lengkuas ini, maka kamu akan melihat seluruh pulau yang berada disekitaran Pantai Tanjung Kelayang. Bahkan keindahan pemandangan dari puncak mercusuarnya pun sangat luar biasa.

Tapi sayangnya untuk saat ini mercusuarnya sudah tidak dibuka untuk umum lagi, tetapi jangan khawatir kamu masih bisa snorkeling disekitaran Pulau Lengkuas dan bersantai sejenak ditepian pantainya.

Apabila kamu masih memiliki cukup waktu, kamu bisa berkunjung ke destinasi lainnya seperti Goa Kelayang, Pulau Burung, Pulau Batu Berlayar, dan pulau-pulau lain yang berdekatan.

2. Batu Baginde

Batu Baginde merupakan sebuah batuan granit yang berukuran sangat besar dan tinggi sekali, lokasinya memang berada di puncak berdekatan dengan Gunung Baginda. Jadi kamu harus tracking melewati hutan, lalu naik keatas menggunakan tali tambang yang menempel dibatuan tersebut.

Setelah kamu berhasil menaiki batuan ini, kamu akan melihat pemandangan yang luar biasa indah banget dari atas. Apalagi kalau kamu membawa drone dan menerbangkannya dari atas, akan terlihat hutan dengan pepohonan yang asri dan sejuk.

3. Desa Wisata Terong

Desa Wisata Terong adalah desa bekas tambang yang sebelumnya tidak terawat sama sekali, lalu kemudian dikelola menggunakan dana dari desa dan dijadikan desa wisata yang dikenal dunia hingga saat ini.

Di desa wisata ini terdapat beberapa saung yang menghadap ke langsung danau, ada juga area untuk outbond, tempat memasak, serta kamu juga bisa belajar menari tarian adat khas Pulau Belitung sambil memainkan alat musik tradisionalnya.

Pokoknya bakal seru dan asik banget kalau sudah berada di Desa Terong ini, selain itu masyarakatnya juga ramah-ramah banget. Jadi serasa berada dirumah sendiri berkumpul bersama keluarga. 

4. Warung Kopi Ake

Jika kamu masih di Belitung, sempatkan diri untuk mampir ke Warung Kopi Ake ini. Lokasinya berada di Pusat Kota Tanjung Pandan, alias tidak jauh dari Titik Nol Kilometer dan Bundaran Tugu Batu Satam. 

Saya sangat merekomendasikan kamu untuk mencoba kopi dan makanannya, beuh dijamin enak banget euy! Tidak jauh dari sini juga terdapat kuliner yang terkenal di Belitung yaitu Mie Atep Belitung, kamu juga harus cobain tuh,

5. RM Gangan Sari

Liburan ke Pulau Belitung belum lengkap kalau belum cobain kuliner khasnya, yaitu Gangan. Nah saya rekomendasikan kalau ingin mencoba gangan yang enak dan sudah terkenal disini ya RM Gangan Sari.

Gangan adalah sup ikan berkuah kuning yang memiliki cita rasa pedas, asam, dan gurih banget. Nah lokasi RM Gangan Sari ini terletak di Jalan irian II, Tanjung Pandan Belitung. 

Nah demikianlah 5 rekomendasi wisata dan kuliner yang ada di Pulau Belitung diluar wisata-wisata yang mungkin sudah biasa dikunjungi seperti Pantai Tanjung Tinggi, Kopi Kong Djie, 1001 Kopi Manggar, Arumdalu Resort di Membalong, serta mungkin destinasi geopark lainnya di Belitung.